Mencintai Ahlul Bait

At Tauhid edisi VII/07

Oleh: Yulian Purnama

Ahlul bait memang memiliki nasab/garis keturunan yang mulia. Kalau mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka wajib dicintai oleh setiap muslim, meskipun belum diketahui bagaimana akhir hidupnya kelak…

Siapakah Ahlul Bait?

Ada beberapa pendapat para ulama mengenai siapa yang dimaksud ahlul bait Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Namun, perlu digarisbawahi disini bahwa orang-orang yang termasuk ahlul bait itu ditentukan berdasarkan dalil. Pendapat yang lebih kuat, yang dimaksud ahlul bait adalah para istri beliau, anak dan cucu beliau, serta seluruh kaum muslimin yang termasuk Bani Hasyim. Penjelasannya sebagai berikut:

[1] Istri-istri beliau. Hal ini didasari oleh firman Allah Ta’ala, yaitu ketika Allah Ta’ala menasehati istri-istri Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, Allah berfirman (yang artinya):

إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS. Al Ahzab: 33).

Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad menjelaskan:

فإنَّ هذه الآيةَ تدلُّ على دخولِهنَّ حتماً؛ لأنَّ سياقَ الآيات قبلها وبعدها خطابٌ لهنَّ

“Ayat ini dengan tegas menunjukkan bahwa istri-istri Nabi termasuk ahlul bait. Karena konteks ayat ini, kalau dilihat sebelum dan sesudahnya, ditujukan kepada mereka” (Fadhlu Ahlil Bait wa ‘Uluwwu Makanatihim, hal.8).

Pendapat ini juga diperkuat oleh hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, yaitu salah satu bacaan shalawat yang diajarkan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam :

اللَّهمَّ صلِّ على محمَّدٍ وعلى أهل بيته وعلى أزواجِه وذريَّتِه، كما صلَّيتَ على آل إبراهيم إنَّك حميدٌ مجيدٌ، وبارِك على محمَّدٍ وعلى أهل بيته وعلى أزواجِه وذريَّتِه، كما بارَكتَ على آل إبراهيم إنَّك حميدٌ مجيدٌ

Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kepada ahlul-bait nya, juga kepada istri-istrinya serta anak-cucunya. Sebagaimana shalawat yang telah Engkau berikan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia” (HR. Ahmad [5/374], dishahihkan Al Albani).

Dengan demikian tidak benar sikap sebagian orang di zaman ini yang mengaku keturunan Nabi Shallallahu’alahi Wasallam namun tidak memasukkan para istri Nabi ke dalam golongan ahlul Bait, bahkan mencela para Istri Nabi dan mengkafirkan mereka. Allahul musta’an.

[2] Anak dan cucu-cucu beliau, salah satu dalilnya adalah hadits shalawat Nabi yang kami bawakan sebelumnya.

[3] Setiap muslim yang termasuk keturunan Hasyim bin Abdul Manaf (Bani Haysim). Hasyim bin Abdul Manaf adalah kakek buyut Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau hanya memiliki satu anak yaitu Abdul Muthallib (kakek Rasulullah). Bani Hasyim termasuk kalangan ahlul bait didasari oleh beberapa dalil diantaranya kisah ketika keponakan beliau, Abdul Muthallib bin Rabi’ah bin Al Harits bin Abdul Muthallib bersama sepupu beliau, Al Fadhl bin Abbas datang kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam untuk meminta izin menggunakan harta zakat untuk dipergunakan sebagai mahar pernikahan mereka. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam lalu bersabda:

إنَّ الصَّدَقَةَ لا تَنْبَغِي لِآلِ مُحَمَّدٍ إنَّما هي أَوْسَاخُ النَّاسِ

Sesungguhnya zakat tidak boleh diberikan kepada keluarga Muhammad, karena bagi keluarga Muhammad zakat adalah kotoran manusia” (HR. Muslim no.1072).

Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan mereka untuk menikah, namun maharnya diambil dari khumus (seperlima dari harta hasil rampasan perang).

Keutamaan Sebagian Ahlul Bait

[1] Hamzah bin Abdul Muthallib Radhiallahu’anhu. Ibnu Abdil Barr berkata: “Hamzah bin Abdul Muthallib bin Hasyim, paman Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Ia dijuluki Asadullah (Singa Allah) dan Asadu Rasulillah (Singa Rasulullah) ” (Hasyiah Al Ishabah)

[2] Ali bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menegaskan dan mengistimewakan Ali bersama Fathimah, Al Hasan dan Al Husain sebagai ahlul bait Nabi, diantaranya dalam hadits:

لَمَّا نزلت هذه الآيةُ {فَقُلْ تَعَالَوْا نَدْعُ أَبْنَاءَنَا وَأَبْنَاءَكُمْ} دعا رسولُ الله صلى الله عليه وسلم عليًّا وفاطمةَ وحَسناً وحُسيناً، فقال: اللَّهمَّ هؤلاء أهل بيتِي

“Ketika turun ayat: ‘Maka katakanlah (kepadanya): “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu” (QS. Al Imran: 61), Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memanggil Ali, Fathimah, Hasan dan Husain lalu bersabda: ‘Ya Allah mereka ini adalah Ahlul-baitku‘” (HR. Muslim no.2404).

Syaikhul Islam berkata: “Tidak diragukan lagi bahwa Ali Radhiyallahu ‘anhu termasuk orang orang yang mencintai Allah dan yang dicintai Allah” (Minhajus Sunnah)

[3] Al Hasan Radhiallahu’anhu. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menegaskan dan mengistimewakan beliau sebagai ahlul bait Nabi sebagaimana hadits tadi. Adz Dzahabi berkata: “Ia adalah Imam dan Sayyid, kesayangan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, cucu beliau, ia adalah pemimpin para pemuda di surga. Kun-yah nya adalah Abu Muhammad Al Qurasyi Al Hasyimi, ia adalah seorang syuhada.” (As Siyar)

[4] Al Husain Radhiallahu’anhu. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menegaskan dan mengistimewakan beliau sebagai ahlul bait Nabi sebagaimana hadits tadi. Syaikhul Islam berkata: “Al Husain Radhiallahu’anhu, Allah Ta’ala telah memuliakannya dengan status syuhada di hari Asyura. Allah Ta’ala telah menghinakan orang yang membunuhnya dan orang yang membantu membunuhnya. Al Husain telah meneladani para syuhada sebelumnya. Beliau juga saudara dari pemimpin pemuda surga (Al Hasan). Mereka berdua dibesarkan dalam kemuliaan Islam” (Majmu’ Fatawa)

[5] Abdullah bin Abbas Radhiallahu’anhuma. Sa’ad bin Abi Waqqash Radhiallahu’anhu berkata: “Aku melihat Ibnu Abbas memiliki pemahaman yang luas dan mendalam, ilmu yang banyak, kerendahan hati yang besar, dan aku melihat Umar Bin Khattab sering memanggilnya jika ada masalah-masalah yang sulit dipecahkan” (Thabaqat Ibni Sa’ad)

[6] Aisyah Radhiallahu’anha

Adz Dzahabi berkata: “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tidak pernah menikah dengan perawan kecuali dengan beliau. Tidak ada orang yang lebih dicintai oleh Rasulullah kecuali Aisyah. Dari seluruh wanita di dunia, bahkan dari seluruh manusia, Aisyah lah wanita yang paling berilmu” (As Siyar)

[7] Fathimah Radhiallahu’anha

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menegaskan dan mengistimewakan beliau sebagai ahlul bait Nabi sebagaimana hadits yang telah kami bawakan. Fathimah Radhiallahu’anha juga dijuluki oleh Rasulullah sebagai pemimpin para wanita di surga.

Sikap Yang Benar Terhadap Ahlul Bait

Syaikh Abdul Muhsin –hafizhahullah– memaparkan:

عقيدةُ أهل السُّنَّة والجماعة وسَطٌ بين الإفراطِ والتَّفريط، والغلُوِّ والجَفاء في جميعِ مسائل الاعتقاد، ومِن ذلك عقيدتهم في آل بيت الرَّسول صلى الله عليه وسلم، فإنَّهم يَتوَلَّونَ كلَّ مسلمٍ ومسلمةٍ من نَسْل عبد المطلِّب، وكذلك زوجات النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم جميعاً، فيُحبُّون الجميعَ، ويُثنون عليهم، ويُنْزلونَهم منازلَهم التي يَستحقُّونَها بالعدلِ والإنصافِ، لا بالهوى والتعسُّف، ويَعرِفون الفضلَ لِمَن جَمع اللهُ له بين شرِف الإيمانِ وشرَف النَّسَب

“Ahlussunnah wal jama’ah dalam semua permasalahan aqidah, selalu mengambil yang pertengahan antara ekstrim kiri dan ekstrim kanan, antara berlebih-lebihan dan sikap lembek. Termasuk juga aqidah terhadap ahlul bait Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Ahlussunnah mencintai setiap muslim dan muslimah yang merupakan termasuk Bani Abdul Muthallib, mereka juga mencintai para istri Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Ahlussunnah mencintai mereka, memuji mereka, menempatkan mereka pada kedudukan yang layak secara adil, bukan berdasarkan hawa nafsu atau serampangan. Ahlussunnah mengenal dengan baik keutamaan ahlul bait, karena dalam diri-diri mereka terdapat kemuliaan iman sekaligus kemuliaan nasab”.

Beliau melanjutkan:

ومَن جمع اللهُ له بينهما فقد جمع له بين الحُسْنَيَيْن، ومَن لَم يُوَفَّق للإيمان، فإنَّ شرَفَ النَّسَب لا يُفيدُه شيئاً، وقد قال الله عزَّ وجلَّ: {إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللهِ أَتْقَاكُمْ} ، وقال صلى الله عليه وسلم في آخر حديث طويلٍ رواه مسلم في صحيحه (2699) عن أبي هريرة رضي الله عنه: ” ومَن بطَّأ به عملُه لَم يُسرع به نسبُه “

“Orang yang Allah takdirkan untuk memiliki keduanya (kemuliaan iman dan nasab), maka telah terkumpul pada dirinya dua kebaikan. Namun jika keluhuran nasab tidak disertai keluhuran iman, maka ketahuilah bahwa keluhuran nasab tidak bermanfaat sama sekali. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa” (QS. Al Hujurat:13).

Dalam sebuah hadits yang panjang, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu, di akhir hadits, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Orang yang lambat amalnya, tidak bisa dipercepat oleh nasabnya” (HR. Muslim no. 2699)” (Fadhlu Ahlil Bait wa ‘Uluwwu Makanatihim, hal.14).

Dengan demikian, sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk mencintai ahlul bait Nabi baik yang sudah wafat maupun yang masih ada sampai hari ini. Namun dengan catatan, jika orang yang mengaku ahlul bait bersama keluhuran nasabnya tersebut ternyata tidak membawa keluhuran iman, atau bahkan ia menjadi gembong kemaksiatan, kebid’ahan atau kemusyrikan, maka ia tidak berhak mendapatkan kecintaan itu. Bukankah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

فإنما أهلك الذين مَن قبلكم ، أنهم كانوا إذا سرق فيهم الشريفُ ، تركوه . وإذا سرق فيهم الضعيفُ ، أقاموا عليه الحدَّ . وإني ، والذي نفسي بيدِه ! لو أنَّ فاطمةَ بنتَ محمدٍ سرقت لقطعتُ يدَها

Sungguh yang membuat kaum sebelum kalian binasa, jika ada seorang pencuri dari kalangan orang bermartabat maka dibiarkan. Sedangkan jika pencuri dari kalangan orang lemah, barulah di tegakkan hukuman. Demi Allah, andaikan Fathimah binti Muhammad mencuri, akan aku potong tangannya” (HR. Al Bukhari 3475, 4304, 6788, Muslim 1688, dan ini adalah lafadz Muslim).

Jika kepada putri beliau, yang juga ahlul bait beliau, hukum Islam tetap di ditegakkan maka bagaimana lagi dengan keturunan beliau yang sudah sangat jauh dari beliau di zaman ini?

Selain itu, ada sebagian orang yang beranggapan bahwa semua ahlul bait pasti dijamin masuk surga. Hal ini sama sekali tidak pernah disampaikan oleh Allah dalam Kitab-Nya ataupun oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam sabdanya. Adapun soal orang akan masuk surga atau neraka, adalah perkara gaib, hanya Allah yang mengetahuinya. Kecuali, orang yang telah dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sebagai penghuni surga berdasarkan sabda-sabda beliau, diantaranya Fathimah Radhiallahu’anha. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda kepada Fathimah:

أما تَرْضَيْنَ أنْ تَكُونِي سَيِّدَةَ نِسَاءِ أهْلِ الجَنَّةِ، أوْ نِسَاءِ المُؤْمِنِينَ

Tidakkah engkau ridha bahwa engkau adalah penghulu para wanita surga –atau para wanita yang ber-iman- ?” (HR. Bukhari no.3623، 3624 dan Muslim no.2450).

Ini artinya, ahlul bait Nabi di masa ini, yang memang memiliki nasab yang mulia, kalau mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka wajib dicintai oleh setiap muslim, meskipun belum diketahui bagaimana akhir hidupnya kelak. Ahlul bait juga dituntut beramal shalih dan menjauhi larangan agama sebagai usaha untuk menggapai surga, sama seperti umat muslim yang lainnya.

Jangan Sembarang Mengaku!

Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad menjelaskan:

وقد كثُرَ في العرب والعجم الانتماءُ إلى هذا النَّسب، فمَن كان من أهل هذا البيت وهو مؤمنٌ، فقد جمَع الله له بين شرف الإيمان وشرف النَّسب، ومَن ادَّعى هذا النَّسبَ الشريف وهو ليس من أهله فقد ارتكب أمراً محرَّماً، وهو متشبِّعٌ بِما لَم يُعط، وقد قال النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: ” المتشبِّعُ بِما لَم يُعْطَ كلابس ثوبَي زور “، رواه مسلمٌ في صحيحه (2129) من حديث عائشة رضي الله عنها.

وقد جاء في الأحاديث الصحيحة تحريمُ انتساب المرء إلى غير نسبِه، ومِمَّا ورد في ذلك حديثُ أبي ذر رضي الله عنه أنَّه سَمع النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يقول: ” ليس مِن رجلٍ ادَّعى لغير أبيه وهو يَعلَمه إلاَّ كفر بالله، ومَن ادَّعى قوماً ليس له فيهمنسبٌ فليتبوَّأ مقعَدَه من النار “، رواه البخاريُّ (3508) ، ومسلم (112) ، واللفظ للبخاري

“Banyak orang arab dan juga orang di luar arab yang mengaku-ngaku menjadi keturunan Nabi Shallalahu’alaihi Wasallam. Jika memang benar demikian dan ia seorang yang beriman, maka berarti Allah telah menggabungkan pada dirinya kemuliaan nasab dan kemuliaan iman. Namun jika ia hanya mengaku-ngaku padahal sebenarnya ia bukan ahlul bait, maka ia telah melakukan perbuatan yang haram, yaitu mengaku-ngaku sesuatu yang tidak dimilikinya. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Orang yang mengaku-ngaku sesuatu yang tidak diberikan kepadanya bagaikan memakai dua pakaian kedustaan” (HR. Muslim no. 2129, dari hadits Aisyah radhiallahu’anha).

Selain itu, banyak hadits shahih yang melarang menasabkan diri kepada selain nasab yang sebenarnya. Di antaranya, hadits Abu Dzar radhiallahu’anhu, bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Tidak ada seorangpun yang mengaku (orang lain) sebagai ayahnya, padahal dia tahu (kalau bukan ayahnya), melainkan telah kufur (nikmat) kepada Allah. Orang yang mengaku-ngaku keturunan dari sebuah kaum, padahal bukan, maka siapkanlah tempat duduknya di neraka” (HR. Bukhari  no. 3508 dan Muslim no.112, dan ini lafadz Al Bukhari)” (Fadhlu Ahlil Bait wa ‘Uluwwu Makanatihim, hal.82 – 83).

Demikian pembahasan yang singkat ini, semoga bermanfaat. Ya Allah, limpahkanlah shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam dan kepada ahlul-bait nya, juga kepada istri-istrinya serta anak-cucunya. Sebagaimana shalawat yang telah Engkau berikan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

***

[Disarikan oleh Yulian Purnama* dari Fadhlu Ahlil Baiti Wa ‘Uluwwu Makanatihim, karya Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr Hafizhahullah, dengan beberapa tambahan].

*Penulis adalah alumnus Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta dan sekarang aktif menulis artikel di website dakwah serta menggeluti dunia IT (Information Technology).

4 comments

  1. assalamualaikum ww

    saya masih kurang paham dengn keturunan Nabi yg d3engan sebutab ayik/habib dll.setahu saya islam menganut garis keturunan laki-laki(bin) sedang Nabi tidak mempunyai cucu dari anak lelaki ..berarti terputus.kalau masalah ahlulbait diatas dikatakan Sahabat Ali termasuk .berarti antara ahlul bait dgn turunan Nabi kan ber beda.sedang kalau keluarga bedalagi seperti ali Imron/ali Muhammad saw cenderung pewaris sebagai warotsatul ambia’.jadi bisa siapa saja .Mudah mudahan termasuk kita kita ini.matur nuwun ane izin meposting wassalam w w

  2. #akhmad ja’far
    Wa’alaikumussalam. Iya benar, istilah keturunan Nabi Muhammad (Bani Muhammad) dengan Ahlul Bait Nabi adalah 2 istilah berbeda. Ahlul Bait Nabi adalah orang-orang yang masuk pada kategori di atas, berdasarkan dalil-dalil yang ada. Wallahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *